Langsung ke konten utama

Istilah Primbon

Primbon 



Arti Primbon adalah semacam perhitungan dan ramalan orang jawa. Jadi ini seperti zodiak/ramalan bintang di luar negeri. Walaupun ada juga yang mengatakan bahwa primbon itu bukan ramalan melainkan sebuah pengetahuan jawa. 

Dan ramalan primbon ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Bahkan sampai sekarang pun masih banyak yang mempercayainya (Terbukti dengan iklan SMS primbon yang marak di TV).

Primbon biasanya membicarakan tentang watak manusia dan hewan berdasarkan ciri fisik, perhitungan mengenai tempat tinggal (Mirip Seperi ilmu feng sui), baik buruknya waktu kegiatan seperti upacara perkawinan, pindah rumah, acara sesajen dsb.

Dan juga ramalan primbon yang bersifat gaib seperti mimpi.

Misal kalau anda bermimpi ketemu ular maka hari esok akan sial. Primbon seperti ini kayaknya bagus deh bagi kamu-kamu yang sering main togel.

Jadi inti arti primbon itu ya tentu saja adalah sebuah ramalan. Boleh juga diartikan sebagai perhitungan orang jawa mengenai segala aktifitas manusia yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung. Boleh percaya boleh tidak!!


reff :  http://blogbintang.com/arti-primbon




Di negeri tirai bambu ( Cina ) kita mengenal istilah Feng Shui, yaitu ilmu Cina kuno. Di Indonesia hususnya sebagian orang jawa, siapa yang tidak kenal dengan namanya primbon. Primbon merupakan undang-undang atau kitab penganut ilmu jawa kuno. Mulai dari watak, rizki, jodoh, mimpi, ilmu pengobatan, bahkan ramalan mengenai mati seseorang bisa di prediksi dengan perhitungan yang berpedoman pada pasal-pasal kitab primbon tersebut. Kepercayaan terhadap primbon begitu kental dan mendarah daging hingga sampai saat ini kita yang hidup di dunia modern masih terbawa oleh ramalan-ramalan dalam kitab tersebut. Di lain sisi, sebenarnya primbon juga di percayai oleh suku-suku selain etnis jawa. Baik itu Sunda, Banjar, atau Dayak akan tetapi beda nama dan versinya saja. 

Semua ramalan kejadian dan peristiwa yang ada di primbon, diciptakan agar para penganutnya lebih mawas diri, berhati-hati dalam mengambil langkah di setiap perjalanan hidupnya. Semua ini oleh para orang tua ( khususnya sebagian masyarakat jawa ) betul-betul di amalkan dan tak bisa hilang begitu saja dari lubuk hati, biar sudah memeluk agama tertentu atau di landa modernisasi.

Mengenai rizki, menurut primbon manusia di lahirkan di bumi sudah menyandang derajat dan pangkat sendiri-sendiri. Bukan karena giat bekerja atau kepandaian yang dimiliki si jabang bayi tersebut. Melainkan semua itu bisa di lihat dari hari lahir, dan perhitungannya adalah sebagai berikut,


Nah dari sini kita bisa menerka, siapa hari lahirnya paling tinggi. Biasanya orang tersebut memiliki kelebihan di setiap detail yang di lakukannya. Seperti sekolah, bekerja, tutur kata terhadap orang di sekitar atau hal-hal lainnya.

Mungkin di era modern seperti sekarang ini kita akan tertawa mendengarnya bagi yang tidak percaya. Memang tidak percaya, biar di omongi dan di kasih tahu sampai mulut robek ya tetap tidak percaya. Beberapa tahun terakhir muncul di televisi beberapa paranormal sakti. Mereka juga dasar ilmunya dari primbon. Akan tetapi lebih di dalami dan menjalankan setiap aturan-aturannya. Baik dengan puasa, tirakat atau bermacam-macam jenis lainnya. Primbon tak ubahnya sebuah felling. Apa yang akan terjadi setelah kita merasakan sesuatu. Kemudian mengexpor untuk berhati-hati sesudah felling itu muncul di benak kita.


Tentang perjodohan, primbon juga meramalkan akan kebahagiaan rumah tangga dalam suatu ikatan pernikahan. Mulai dari hari kelahiran calon mempelai laki-laki maupun perempuan semua ada perhitungannya. Contohnya saya sendiri, berulang kali gagal menikah gara-gara terkena efek samping dari primbon tersebut. Namanya orang tua, kita tak bisa melawan. Dengan besar hati saya harus bisa menerima semua itu dengan lapang dada.

Kemajuan teknologi membuat orang semakin tidak percaya akan adanya primbon. Disamping teknologi, agamapun menolak akan kehadiran primbon. Karena akan membawa manusia kedalam sifat syirik yang berujung pada kesesatan. Kalau saya pribadi, hanya bisa mengagumi pemikiran-pemikiran yang menggagas akan hadirnya primbon tersebut. Bagaimana tidak, mulai dari nol sampai sembilan semua bisa diramalkan. Kadang kalau di fikir-fikir secara mendalam memang ramalan tersebut bisa menjadi kenyataan. Yah, namanya ramalan hanya sekedar ramalan. Percaya atau tidak percaya, tingkat pemikiran anda semua yang bisa menjawabnya.

reff : http://filsafat.kompasiana.com/2011/08/07/primbon-dan-segala-jenis-pemikirannya/





Komentar

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan PESAN dan KESAN sahabat setelah membaca Artikel ini >>
1. LINK AKTIF tidak diperbolehkan di komentar ini.
2. Mari berbagi, berdiskusi dengan berkomentar yang efektif dan membangun
3. Berkomentar hari ini, maka hari itu juga saya akan berkunjung ke Blog sahabat

Postingan populer dari blog ini

Filsafat Huruf Jawa (Hanacaraka)

Makna dan Filsafat Huruf Jawa Ha-Na-Ca-Ra-Ka  berarti ada ” utusan ” yakni utusan hidup, berupa nafas yang berkewajiban menyatukan jiwa dengan jasat manusia. Maksudnya ada yang mempercayakan, ada yang dipercaya dan ada yang dipercaya untuk bekerja. Ketiga unsur itu adalah Tuhan, manusia dan kewajiban manusia ( sebagai ciptaan).• Da-Ta-Sa-Wa-La  berarti manusia setelah diciptakan sampai dengan data ” saatnya ( dipanggil ) ” tidak boleh sawala ” mengelak ” manusia ( dengan segala atributnya ) harus bersedia melaksanakan, menerima dan menjalankan kehendak Tuhan. Pa-Dha-Ja-Ya-Nya  berarti menyatunya zat pemberi hidup ( Ilahi) dengan yang diberi hidup ( makhluk ). Maksdunya padha ” sama ” atau sesuai, jumbuh, cocok ” tunggal batin yang tercermin dalam perbuatan berdasarkan keluhuran dan keutamaan. Jaya itu ” menang, unggul ” sungguh-sungguh dan bukan menang-menangan ” sekedar menang ” atau menang tidak sportif.• Ma-Ga-Ba-Tha-Nga  berarti menerima segala yang diperintahkan dan

Nafsu Birahi Anak Sekolah

Nafsu Birahi Anak Sekolah (Edukasi) Bila esok itu ada.. tetaplah kau disana.. dihari hari yang kujalani nanti. agar sepertinya kisah ini bukan seperti pelangi.. indah sesaat lalu pergi lagi… Namun setelah saat itu keindahannya tak kutemukan lagi kita semua tahu tak ada badai yang harus di halau,,, tak ada lubang yang harus tertutupi tak ada kekosongan yang harus di isi,,,  Semua sudah jelas tak ada lagi bait-bait yang meski du untai dalam sebuah kisah karena kau, aku dia tahu semua telah berakhir…. Source Ok sahabat, terimakasih sebelumnya sudah mampir di Kradenan . Dengan aktifitas yang sangat padat saya ' admin   berupaya untuk meluangkan sedikit waktunya untuk berbagi. Kali ini mungkin agak berbeda dengan apa yang sebelumnya pernah  ' admin   postingkan. Sudah merupakan bukan rahasia umum lagi dengan kisah-kisah yang tak tabu lagi, yang banyak dialami saudara-saudara di sekitar kita. Tulisan ini diawali dengan kisah nyata: Sebu

Hukum belajar ilmu gaib

Hukum Menggunakan Ilmu Gaib dan Membawa Azimat Sebelumnya ini adalah sesuai dgn keyakinan dan pengetahuan dari apa yang saya pelajari.Mengingat banyak dalam kajian Agama terdapat Khilaf Fiqih,makaa perbedaan pendapat/pandangan pastilah ada. Para Ulama menyatakan bahwa masalah khilafiyah agar disikapi dengan bijak,dan tidak diperlakukan sebagai hal yang diingkari. Mengamalkan hizib,doa-doa dan memakai azimat pada dasarnya tak lepas dari bentuk ikhtiar manusia sebagai hamba.Yang dilakukan dalam bentuk doa kepada Allah SWT.Dan Allah SWT sangat menganjurkan pada hambanya untuk selalu berdoa kepada-NYA.Ini ditegaskan dalam Firman-NYA: ''Berdoalah kepadaKU,niscaya AKU akan mengabulkan untukmu.(QS AL-Ghafir:60) Ada beberapa Dalil dan Hadist Nabi yang menjelaskan kebolehan ini.Diantaranya adalah :dari Auf bin Malik Al-Asja'i ,yang meriwayatkan bahwa pada jaman jahilliyah ,kami selalu membuat azimat(dan semacamnya)lalu kami bertanya pada Rosullulah''Baga